Referensi
POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 5 ASERA KELURAHAN LAMONAE KECAMATAN WIWIRANO KABUPATEN KONAWE UTARA
Terwujudnya tujuan lembaga pendidikan sangat berkaitan dengan individu yang ada di dalamnya seperti kepala sekolah, guru dan siswa serta sarana lainnya yang dapat menunjang keberhasilan dalam mengelola lembaga pendidikan tersebut. kemajuan pengetahun dan teknologi pendidikan ikut mempengaruhi kurikulum dalam pendidikan sehingga sangat ditekankan kepada setiap tenaga pendidik untuk senantiasa mengembangkan komptensi profesional serta kemampuan mengelola lembaga pendidikan. Seperti halnya yang tejadi di SMP enegeri 5 Asera dilihat bahwa banyak guru yang telah mengikuti berbagai jenis kegiatan pengembangan profesional namun dari pengamatan masih terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah dalam belajarnya. Untuk itu maka peneliti terinspirasi untuk meneliti dengan rumsan judul pola kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme mengajar guru, yang kemudian rumusan masalah adlah (1)bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah (2) bagaimanakah profesionalisme guru serta bagaimana pola kepemipinan kepala sekolah dalam mengembangakan profesionaliseme guru. Dengan rumusan ini maka tujuan yang di harapkan adalah untuk mengentahui pola kepemimpinan kepal sekola sekolah dlama mengembangkan profesionalisme guru.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka penulis mengolah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian dianalisis melalui melalui pola reduksi, pengorganisasian dan mengolah data dan dirampungkan kedalam penyusunan skripsi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kepemimpinan yang diterpakan depala sekolah di SMP Negeri 5 Asera di terapkan dalam beberapa indikator seperti (1). Memberikan contoh teladan atau dengan pola kepememimpinan yang kharismatik (2). Dalam proses pengambilan keputusan dalam bentuk musyawarah (3) Bersifat terbuka dalam segala hal (4) Penerapan konsep disipilin dan tanggung jawab yang tinggi. sedangkan tingkat profesionalitas guru di SMPN 5 Asera memenuhi kriteria dimana menguasai kurikum, loyalitas terhadap tugas, disiplin yang diperleh dari beberapa kegiatan seperti mengikuti pelatihan, seminar dan lanjut studi bagi guru yang belum memenuhi ktriteria guru profesional. Kemudian dari itu pola kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Asera senantiasa berpola pada kepemimpinan yang beroriantasi pada tugas dan pada munusia.Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut maka sangat disarankan kepada setiap pimpinan lembaga pendidikan untuk menerapkan pola kepemimpinan yang sennatiasa berorientasi pada tugas dan dibarengi dengan kepmimpinan yang berorientasi pada manusia untuk mencapai tujuan lambaga pendidikan yang efektif dan efesien.
Tidak tersedia versi lain