Referensi
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XIA DI SMA NEGERI 1 KABAENA
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana aktifitas guru dalam penggunaan media komputer pada pembelajaran PAI di kelas XI.a SMA Negeri 1 Kabaena?” bagaimana peningakatan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di kelas XI.a SMA Negeri 1 Kabaena?. Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI.a SMA Negeri 1 Kabaena dengan menggunakan media Komputer.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan sasaran penelitian siswa kelas XI.a SMA Negeri 1 Kabaena sebanyak 30 siswa. Rancangan dalam penelitian meliputi 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai, untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal, sebagai bahan landasan dalam pembentukan nilai peningkatan prestasi belajar siswa. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif melalui jurnal lembar observasi dan tes prestasi belajar. Cara pengambilan data model pembelajaran langsung diambil dengan menggunakan alat evaluasi beruupa tes prestasi belajar dan data tentang refleksi diri diambil dengan menggunakan observasi kegiatan guru dan siswa.
Dari proses analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media komputer maka prestasi belajar siswa kelas XI.a SMA Negeri 1 Kabaena pada materi pokok kitab-kitab Allah dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari prestasi tes prasiklus dengan ketuntasan 46.7% sedangkan siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dengan tingkat ketuntasan hanya 56,7 % pada siklus kedua terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu nilai rata-rata 80,5 dengan ketuntasan 93,3 % mencapai angka KKM, dimana KKM untuk mata pelajaran adalah 70 sementara indikator kinerja dalam penilitian ini adalah 80 %. penelitian ini di sebabkan adanya kesesuaian antara materi ajar pendekatan pembelajaran, strategi, serta perlengkapan pembelajaran sehinngga yang pada akhirnya disimpulkan bahwa penggunaan media komputer dalam pembeajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Tidak tersedia versi lain