Referensi
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MURID SDN 1 LALONGGASMEETO KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil Belajar siswa melalui metode Make A Match. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada Apakah hasil belajar PAI dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Make A Match di SD Negeri 1 Lalonggasmeeto.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu; “merencanakan, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi, serta melakukan refleksi, dimana tehnik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match melalui lembar obsevasi.
Hasil penelitian pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan pada bab IV maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Make A Match pokok Bahasan Meneladani Perilaku Nabi semester ganjil khususnya di kelas IV SD Negeri 1 Lalonggasmeeto Kecamatan Lalonggasmeeto Kabupaten Konawe Tahun Pelajaran 2012/2013, bahwa Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal siswa yakni 70,90 menjadi 74,80, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 74,80 menjadi 79,20 dari segi rata-rata dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa telah mendapat nilai minimal 70,00.
Tidak tersedia versi lain