Referensi
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN POSTER COMENT PADA ANAK USIA DINI DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) MEOHAI LABIBIA KOTA KENDARI
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Meohai Labibia Kota Kendari melalui pembelajaran poster coment?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini pada PKBM melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran poster coment.
Jenis penelitian inin adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian ini dilaksanakan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Meohai Labibia Kota Kendari, semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 (dua puluh) orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan terdiri 2 siklus, setiap siklus dilakukan dengan prosedur sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengetahui motivasi belajar PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Meohai Labibia Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui pembelajaran poster coment. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata motivasi belajar disetiap siklusnya yang mengalami peningkatan yaitu siklus I, motivasi belajar siswa sebanyak 9 siswa memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 45%. Dari hasil tes tindakan siklus II, setelah penggunaan model pembelajaran poster coment, diperoleh motivasi belajar siswa yaitu sebanyak 18 siswa yang memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 90% atau mengalami peningkatan sebesar 45%. Indikator kerja sebesar 75%, Sehingga ketuntasan belajar tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran poster coment dapat meningkatkan motivasi belajar PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Meohai Labibia Kota Kendari . Adapun saran adalah bahwa penerapan model pembelajaran poster coment sebagai upaya untuk mengoptimalkan motivasi belajar siswa hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran dan kondisi kelas, mengingat penerapan metode pembelajaran tersebut belum tentu cocok diterapkan di semua materi pelajaran Pendidikan Agama Islam pada semua kelas hendaknya guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing yang senantiasa melibatkan siswa secara maksimal untuk menemukan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang sudah ada.
Tidak tersedia versi lain