Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LAMOOSO KONAWE SELATAN
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah minat belajar siswa kelas III SD Negeri Lamooso terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui model pembelajaran Picture and picture dan Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri lamooso melalui model pembelajaran Picture and picture terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada murid SD Negeri Lamooso Konawe Selatan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Picture and Picture pada siswa kelas III SD Negeri Lamooso Konawe Selatan.
Jenis penelitian inin adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian ini dilaksanakan di kelas III pada SD Negeri Lamooso Konawe Selatan, semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 (tiga puluh) orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan terdiri 2 siklus, setiap siklus dilakukan dengan prosedur sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengetahui hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas III SD Negeri Lamooso dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Kooperatif Picture and Picture. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar disetiap siklusnya yang mengalami peningkatan yaitu siklus I, hasil belajar siswa sebanyak 19 siswa memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 63,33%. Dari hasil tes tindakan siklus II, setelah penggunaan model pembelajaran picture and picture, diperoleh hasil belajar siswa yaitu sebanyak 27 siswa yang memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 90% atau mengalami peningkatan sebesar 26,67%. Dengan indikator kerja sebesar 75%, sehingga ketuntasan belajar tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada murid SD Negeri Lamooso Konawe Selatan. Adapun saran adalah bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture sebagai upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran dan kondisi kelas, mengingat penerapan metode pembelajaran tersebut belum tentu cocok diterapkan di semua materi pelajaran Pendidikan Agama Islam pada semua kelas hendaknya guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing yang senantiasa melibatkan siswa secara maksimal untuk menemukan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang sudah ada.
Tidak tersedia versi lain