Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATERI POKOK AKHLAK MELALUI STRATEGI NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DI KELAS 1V SDN AMOKUNI KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN
Kita mengetahui bahwa jam pelajaran agama di sekolah formal khususnya tingkat SD yang disediakan oleh pemerintah dalam kurun waktu satu minggu hanyalah 2 (dua) jam pelajaran atau sekitar 2 x 45 menit. Dengan waktu yang cukup singkat itu, guru PAI dituntut untuk dapat menanamkan ajaran-ajaran Islam yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut. Untuk itu dibutuhkan strategi ataupun pendekatan-pendekatan yang khusus untuk mengefisiensi dan mengefektifkan waktu yang ada guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dari sumber yang ada (Guru) di SDN Amokuni Kec. Ranomeeto menerapkan strategi Number Head Together pada mata pelajaran PAI guna meningkatkan hasil belajar anak didiknya. Sebagaimana yang kita ketahui, pelajaran PAI dianggap oleh siswa sebagai pelajaran yang kurang menarik dan ketinggalan zaman. Penerapan strategi NHT pada pembelajaran PAI disini ditujukan untuk meningkatkan kembali minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari hasil penelitian tersebut maka diharapkan guru dalam menerapkannya untuk meningkatkan hasil belajar murid.
Untuk penerapan tindakan maka peneliti menempuh beberapa tindakan penelitian kelas seperti, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan observasi terhadap kegiatan penelitian tersebut yang terdiri atas 13 orang siswa kelas IV SDN Amokuni pada bidang studi PAI
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dalam penerapan srtategi pembelajaran number head together terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan yang dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa yang dilakukan dalam 2 siklus dengan nilai rata-rata 70 pada persentase sebesar 81,3%. Hal tersebut telah mencapai standar ketuntasan maksimal yang telah ditentukan yakni ± 70% sehingga dengan itu maka penelitian merekomendasikan kepada guru-guru untuk menerapkan strategi pembelajaran Number Head Together pada bidang studi atau pokok bahasan lain sebab dinilai dapat meningkatkan hasil belajar murid
Tidak tersedia versi lain