Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK, PAIRE AND SHARE (TPS) PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 2 LAMBUYA KABUPATEN KONAWE
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid melalui pembelajaran Think Phare Share (TPS). Hasil belajar yang dimaksudkan adalah nilai hasil belajar yang diperoleh melalui tes tertulis pada setiap akhir tindakan pembelajaran di SD Negeri 1 Lambuya Kabupaten Konawe.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu; “merencanakan pembelajaran, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi, serta melakukan refleksi terhadap hal-hal yang dianggap perlu, dimana tehnik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu; memberikan gambaran peningkatan hasil belajar murid yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Phare Share (TPS)yang dikontrol melalui lembar obsevasi terhadap aktivitas murid dan guru selama pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Paire and Share hasil belajar pendidikan agama Islam pada murid kelas IV SD Negeri 2 Lambuya dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai murid setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 50.00% atau rata-rata 65,00 menjadi 75.00% atau rata-rata 73,70, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata murid setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 73,70 dengan ketuntasan 75.00% menjadi 76.65 dengan ketuntasan mencapai 85.00%. Sehingga penelitian ini dinyatakan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% murid yang mendapatkan nilai 70 ke atas.
Tidak tersedia versi lain