Referensi
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS IV SDN 1 SOROPIA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan motivasi belajar PAI kelas IV di SDN 1 Soropia Kec. Soropia, Kab. Konawe. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam kelas IV di SDN 1 Soropia Kec. Soropia, Kab. Konawe?”
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksnakan dalam 3 (tiga) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflektion).
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa; dalam menyajikan/menyampaikan materi pelajaran PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Soropia Kecamatan Soropia pada Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode Small Group discussion, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan nilai tes awal, yaitu diperoleh skor rata-rata 60,71 dengan ketuntasan belajar 41,18% meningkat menjadi skor rata-rata 70,24 dengan ketuntasan mencapai 70,59%, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi skor rata-rata 72,12 dengan ketuntasan belajar mencapai 88,24%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85,00%, sehingga hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 SoropiaKecamatan Soropia Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode Small Group discussion pada pokok bahasan Menceritakan Kisah Nabi.
Tidak tersedia versi lain