Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN 02 ABELI KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI
Pokok bahasan dalam penelitian ini akan menguraikan tentang masalah penerapan metode pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam di kelas V SDN 02 Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI melalui metode jigsaw di kelas V SD Negeri 02 Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PAI melalui metode Jigsaw di kelas V SD Negeri 02 Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai yakni faktor siswa dan faktor guru.
Data-data dalam penelitian ini berupa aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dianalisa kualitatif kemudian dikuantitatif dan bentuk porsentase dan sebaginya. Dari hasil analisis data, sebelum diterapkannya Model pembelajaran Jigsaw persentase hasil belajar sebesar 69,6 (50%) dan sesudah diterapkan naik menjadi 73,8 (68%) pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 73,8 menjadi 80,1 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 93,7% siswa telah mendapat nilai > 70,00.
.
Tidak tersedia versi lain