Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE LEARNING COMMUNITY PADA SISWA KELAS V SDN I NII KECAMATAN LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Learning Community, permasalahan dibatasi pada Apakah Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Learning Community pada siswa SDN 1 NII Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe”? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 NII Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe Melalui metode Learning Community.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, seperti halnya pada SD Negeri 1 Nii dimana Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki yang berdasarkan hasil awal berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Metode Learning Community. adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1.)Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.) Observasi dan Evaluasi, 4.)Refleksi .
Penerapan model pembelajaran Learning Community dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 1 Nii Tanassa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 46,67% atau rata-rata 65,57 menjadi 60% atau rata-rata 70,90, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 71,90 dengan ketuntasan 60% menjadi 75,15 dengan ketuntasan mencapai 90%. Sehingga penelitian ini dinyatakan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa yang mendapatkan nilai 70 ke atas.
Tidak tersedia versi lain