Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSGAMES TOURNAMENT (TGT)PADAMURID KELAS V SDN 2 TORONIPA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuanberhitunganakdapatditingkatkanmelaluipenggunaan media papan Planel pada kelas B TK Aisyiyah Bustanul AthfalBauBau.Kemampuan berhitung anak yang dimaksudkan adalah nilai hasil belajar yang diperoleh melalui tes lisan yang disertai dengan pengamatan untuk menguji kemampuan kognitif pada saat pembelajaran materi berhitung untuk anak kelas B TK Aisyiyah Bustanul AthfalBauBau.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaannyadilakukandengan proses pengkajianberdaur yang terdiridariempattahapyaitu; “merencanakan, melakukantindakan, observasidanevaluasi, serta melakukan refleksi, dimanatehnikanalisis data dalampenelitianiniakandianalisisdenganmenggunakanstatistikdeskriptif yang dimaksudkanuntukmemberikangambaranpeningkatankualitasbelajaranakyang diajarmenggunakanmedia papanplaneldenganpengamatanterhadapaktivitasanakdan guru selamapembelajaranmelaluilembarobsevasi.
Berdasarkan dari data hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka ditarik simpulan bahwa penggunaan media papan planel dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di kelas B TK Aisyiyah Bustanul AthfalBauBau. Hal ini bisa dilihat dengan meningkatnya nilai yang diperoleh anak selama proses pembelajaran. Pada evaluasi di akhir siklus I perolehan nilai anak mencapai rata-rata 66,08 dengan 17,38% yang memperoleh nilai ≥ 75 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II perolehan nilai anak menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan siswa 76,08 dengan 86,95% anak yang memperoleh nilai ≥ 75. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat besar sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan planel, sebab standar ketuntasan yang ditentukan olah sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75 telah tercapai.
Tidak tersedia versi lain