Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI POSTER COMENT PADA MURID KELAS III SD NEGERI 3 TORONIPA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, seperti halnya pada kelas III SD Negeri 3 Toronipa dimana Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki yang berdasarkan hasil awal berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Strategi Poster Coment. adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1.)Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.)Observasi dan Evaluasi, 4.)Refleksi .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas kelas III SD Negeri 3 Toronipa dapat ditingkatkan melalui penggunaan Poster Coment. Hal ini ditunjukkan pada hasil observasi tentang hasil belajar Siswa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan hasil observasi awal, yaitu diperoleh skor rata-rata 68,63 dengan ketuntasan hasil belajar 50,00% meningkat menjadi skor rata-rata 71,75 dengan ketuntasan mencapai 62,50%, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan (85%). Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat menjadi skor ata-rata 76,25 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 87,50%. Dengan demikian maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% sehingga hasil belajar siswa kelas kelas III SD Negeri 3 Toronipa dapat ditingkatkan melalui penggunaan Poster Coment.
Tidak tersedia versi lain