Referensi
PENERAPAN METODE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SD NEGERI 12 KENDARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara ilmiah “Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah metode TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas guru kelas III SD Negeri 12 Kendari ketika mengajar menerapkan metode TGT (Team Games Tournament)?, apakah metode TGT(Team Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri 12 Kendari?, apakah metode TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas III SD Negeri 12 Kendari?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas, yaitu jenis penelitian yang menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi kegiatan guru dan siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 12 Kendari sebanyak 24 siswa.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setiap siklus. Dimana nilai prasiklus 65,83 meningkat menjadi 69,29 pada siklus I, selanjutnya setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 79,05 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90% siswa telah mendapat nilai minimal 70,00.
Tidak tersedia versi lain