Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA CETAK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI I PEBUNOOHA KECAMATAN BONDOALA KABUPATEN KONAWE
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah menurunnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SDN 1 Pebunooha Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe, dari hasil tes awal sebelum tindakan, ketuntasan klasikal hanya mencapai 60%. Dari jumlah murid 20 yang mencapai nilai 70 ada 12 orang dan 8 murid lainnya (40%) dengan nilai dibawah 70. Nilai rendah tersebut karena kurangnya minat belajar murid terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam hal ini disebabkan guru mengajar cenderung memnggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media, sehingga murid fasif dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SDN 1 Pebunooha Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe?. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV SDN 1 Pebunooha Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung persentase aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran.
Metode pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan tindakan adalah metode demonstrasi dan diskusi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terdiri dua yaitu dari segi proses dan hasil. Dilihat dari segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 80% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Dilihat dari segi hasil, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 85% dari jumlah siswa mencapai nilai ≥ 70.
Tidak tersedia versi lain