Referensi
PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SDN 03 KENDARI KEL. KAMPUNG SALO KOTA KENDARI
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentantang Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap hasil Belajar Siswa/ permasalahan dibatasi pada 1). Bagaimana Proses Pendekatan pembelajaran CTL terhadap Siswa, 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa terhadap penerapan model Pembelajaran CTL, 3). Adakah pengaruh yang Potensial Pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar Siswa. Adapun rumusan masalah adalah Apakah Pendekatanl pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SDN 03 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu; “merencanakan, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi, serta melakukan refleksi, dimana tehnik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL melalui lembar obsevasi.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran CTL pokok bahasan Membiasakan Perilaku Terpuji semester ganjil khususnya di kelas IV SD Negeri 03 Kendari Kelurahan Kampung Salo Kota Kendari Tahun Pelajaran 2012/2013, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 67,15 menjadi 70,47, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 70,47 menjadi 74,75 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70,00.
Tidak tersedia versi lain