Referensi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MURID KELAS 1 SDN 6 POASIA KOTA KENDARI
Kurang efektifnya media yang digunakan guru menyebabkan kemampuan menulis murid kelas I SDN 6 Poasia Kota Kendari yang masih rendah. Hal ini menjadi pertimbangan utama bagi penulis untuk melakukan penelitian dengan judul“Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Penggunaan Media Gambar Pada murid kelas 1 SDN 6 Poasia Kota Kendari”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; “Apakah dengan Penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis murid kelas 1 SDN 6 Poasia Kota Kendari?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas partisipan yaitu suatu penelitian dikatakan sebagai PTK partisipan ialah apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan. Faktor-faktor yang Diselidiki adalah guru dan murid SDN 6 Poasia. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah dengan cara observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa melalui penggunaan media gambar di kelas 1 SDN 6 Poasia Kota Kendari semester genap tahun ajaran 2011/2012, kemampuan menulis murid dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat pada hasil evaluasi sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan siklus I dan siklus II, dimana nilai rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu dari 71,2 menjadi 77,2 atau sebesar 64% secara klasikal, namun pencapaian ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% atau murid memperoleh nilai 75. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata murid meningkat menjadi 82,8 atau 92%secara kalsikal, dan ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% atau murid memperoleh nilai 75, dengan perolehan ini, maka pelaksanaan tindakan dihentikan karena telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan .
Tidak tersedia versi lain