Referensi
PENGARUH PENERAPAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 5 KENDARI
Penerapan remedial merupakan suatu bentuk pengajaran yang bersifat mengobati, menyembuhkan, atau membetulkan pengajaran dan membuatnya menjadi lebih baik dalam rangka mencapai tujuan pengajaran yang maksimal yang ditujukan pada siswa agar lebih mudah memahami dan mempraktekkan apa yang telah diperolehnya. Dalam kontes ini prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam masih ada yang mendapat nilai kurang dari standar kelulusan sehingga diadakannya pengajaran remedial. Penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian terkait dengan penerapan remedial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMUN 5 Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan remedial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di Sekolah Menengah Umum Negeri 5 Kendari”.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang populasinya adalah seluruh murid kelas X khususnya yang mendapat nilai ulangan kurang dari standar kelulusan yaitu 75 dan mengikuti pengajaran remedial berjumlah 58 orang. Karena populasinya kurang dari 100, maka seluruhnya dijadikan sebagai sampel penelitian. Tehnik pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan Inferensial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pengajaran remedial diSMUN 5 Kendari berada pada kategori baik Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMU Negeri 5 Kendari yang telah mengikuti pengajaran remedial rata-rata mengalami peningkatan. Sebelum di berikan remedial nilai yang dicapai siswa yaitu kurang dari 75 dan setelah diberikan pengajaran remedial berada pada rata-rata 91,55 dengan kategori sangat tinggi. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara penerapan pengajaran remedial terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMU Negeri 5 Kendari. Hal ini diukur berdasarkan hasil analisis data bahwa diperoleh hasil uji korelasi product moment dimana rhitung = 0,285 ≥ 0,251 rtabel. Maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kemudian besarnya korelasi terhadap kedua variabel/koefisien determinasi (KD) sebesar 8,16%. Selanjutnya, hasil perhitungan diperoleh t-hitung = 2,229, sedangkan t-tabel dengan tingkat kepercayaan 5% yaitu 2,021, maka t-hitung ≥ t-tabel, yang berarti H_0 ditolak dan H_1diterima. Maksudnya hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat korelasi yang positif dan signifikan penerapan pengajaran remedial dengan prestasi belajar murid pada mata pelajaran PAI di SMU Negeri 5 Kendari.
Tidak tersedia versi lain