Referensi
HUBUNGAN ANTARA SERTIFIKASI DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN
Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Sertifikasi Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang positif antara sertifikasi dengan kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan ?“ dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara sertifikasi dengan kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu sertifikasi guru dan variabel terikat (Y) yaitu kinerja guru pada Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Konda. Dengan demikian yang menjadi populasi adalah guru SD di Kecamatan Konda yang tersertifikasi yang berjumlah 97 orang, dan ditentukan besar sampel dengan rumus tari Yamane, maka diperoleh 49 sampel penelitian. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Dari data penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan program sertifikasi guru pada sekolah dasar di lingkup UPTD Kecamatan Konda telah dilaksanakan dengan baik sekali. Hal ini sesuai dengan gambaran bahwa persebaran data sebanyak 39 (79,59 %) responden menganggap program sertifikasi telah dilaksanakan dengan baik, selain itu 10 (20,41%) responden menganggap baik. Selain itu, kinerja guru pada sekolah dasar di lingkup UPTD Kecamatan Konda telah dilaksanakan dengan baik sekali. Hal ini sesuai dengan gambaran bahwa persebaran data sebanyak 46 (97,87 %) responden menganggap bahwa guru SD di lingkup UPTD Kecamatan Konda telah memiliki kinerja yang sangat baik, dan 3 (6,13 %) responden menganggap baik. Berdasarkan perhitungan inferensial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sertifikasi dengan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Konda karena t hitung = 12,5, dk = n-2 = 49-2 = 47 pada taraf kepercayaan 0,05 sehingga diperoleh t tabel = 2,021. Dengan demikian maka t hitung lebih besar dari t tabel atau 12,5 > 2,021.
Tidak tersedia versi lain