Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPESTAD (Student Teams Achievement Division ) PADA SISWA KELAS XI 2 JURUSAN BUSANASMK NEGERI 3 KENDARI
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI 2 Jurusan Busana SMK Negeri 3 Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah hasil belajar PAI siswa kelas XI 2 Jurusan Busana dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI 2 Jurusan Busana SMKN 3 Kendari pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah siswa kelas XI 2 Jurusan Busana yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas.
Dari data penelitian ini diketahui bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dalam pembelajaran PAI pada kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari dapat meningkatkan aktivitas kelompok siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Aktivitas kelompok siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,38 kategori kurang baik menjadi 3,5 berkategori baik pada siklus II. Aktivitas guru pun meningkatkan lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,6 berkategori cukup baik menjadi 3,76 berkategori baik pada siklus II. Selain itu, Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas XI 2 Jurusan Busana di SMK 3 Kendari. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,82, dan meningkat sebesar 14,75 % dengan nilai rata-rata siklus II 79,00 pada siklus II. Selain itu jumlah siswa yang telah tuntas belajar meningkat menjadi 16 siswa atau 94,11%.
Tidak tersedia versi lain