Referensi
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA MAN 1 KENDARI
Skripsi ini mengkaji Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kendari. Tujuan penelitian ini adalah (a). untuk mengetahui pengelolaan kelas yang di lakukan oleh guru Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Kendari. (b). untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur,an Hadits di MAN 1 Kendari . (c). untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populsasi penelitian sebanyak 453 siswa , kemudian di tarik sampel dengan mengunakan random sampling sebesar 10% sehingga di peroleh 45 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data penelitian mengunakan metode angket yang di kembangkan dari kisi – kisi instrumen variabel masing- masing, setelah data penelitian terkumpul kemudian di analisis statistic deskriptif terhadap data variabel X dan Y, dan analisis inferensial yang ditempuh dengan pengujian hipotesis yang mengunakan alat uji regresi linear sederhana , product moment, Kd. yaitu pengelolaan data berdasarkan kenyataan – kenyataan yang ditemui di lapangan secara objektif, yang didasarkan pada prinsip – prinsip statistic, dalam hal ini untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kendari.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Kendari dikategorikan terdapat Pengaruh yang Signifikan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan dengan mengunakan regresi sederhana di temukan nilai harga b dan a diperoleh persamaan regresi nilai a dan b = 33,185 + 0,845 = 34, 03 dan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh bahwa r hitung≥ dari r tabel yaitu = r hitung 0.604 ≥ rtabel 0,288 . Hal ini disesuaikan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi yang menunjukan apabila 0,60 - 0, 799 berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat antara variabel X terhadap variabel Y, dalam hal ini tedapat pengaruh yang sigifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain