Referensi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMP NEGERI 4 RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN
Media visual adalah media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan. Adanya media visual ini membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Selain itu media visual ini merupakan alat bantu yang mampu melibatkan indera penglihatan sehingga seseorang dapat menangkap dan fokus dalam menyimak materi yang di sampaikan melalui pengamatan atau penglihatannya melalui media visual ini seperti gambar, sketsa, diagram, grafik, kartun, poster, peta, globe papan flannel dan papan buletin. Dalam konteks inilah penulis tertarik mengangkat judul “pengaruh penggunaan media visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 4 Ranomeeto Kab. Konsel”
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media visual berpengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 4 Ranomeeto, Kab. Konsel?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif, maksudnya adalah pengolahan data berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemui di lapangan, pengolahan data yang didasari prinsip-prinsip statistik, dan pola penelitiannya merupakan penelitian di mana antara variabel bebas dengan variabel terikat sudah terjadi secara alami.
Berdasarkan hasil dan temuan penelitian, terungkap bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 4 Ranomeeto Kabupaten Konsel. Hal ini dapat dibuktikan dengan, uji korelasi product moment dimana rhitung = 0,449 ≥ 0,334 rtabel. Maka Ho ditolak H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa. selanjutnya besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y sebesar 20,1% dan sisanya 80,9% ditentukan oleh faktot lain. Berdasarkan perhitungan uji F ternyata diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 8,358 ≥ 4.14 Maka tolak Ho terima H1 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa.
Tidak tersedia versi lain