Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MURID KELAS IV SDN TUMBU-TUMBU JAYA KECAMATAN WAWONII KABUPATEN KONAWE
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan Hasil belajar PAI murid di SD Negeri Tumbu-tumbu Jaya Kec. Wawonii Kab. Konawe .?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil belajar PAI murid di SD Negeri Tumbu-tumbu Jaya Kec. Wawonii Kab. Konawe.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksnakan dalam 3 (tiga) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflektion).
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Inquiri hasil belajar pendidikan agama Islam pada murid kelas IV SD Negeri Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Kabupaten Konawe dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai murid setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 43,75% atau rata-rata 68,63 menjadi 68,75% atau rata-rata 74,19, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata murid setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 74,19 dengan ketuntasan 68,75% menjadi 78,06 dengan ketuntasan mencapai 87,50%. Sehingga penelitian ini dinyatakan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% murid yang mendapatkan nilai 70 ke atas.
Tidak tersedia versi lain