Referensi
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 LAMPOPALA KABUPATEN BOMBANA
Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimanakah Strategi Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Lampopala Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Lampopala, sejak bulan November 2012 s/d Januari 2013. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, dan guru.
Menurut pengamatan awal peneliti bahwa kualitas guru dikatakan kurang, karena kebanyakan guru kurang bisa membuat perangkat pembelajaran dengan baik dan kurang memamfaatkan penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan tidak sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Sehingga guru mengajar di kelas hanya menyuru siswa menulis dan mengerjakan tugas. Sedangkan kepala sekolah mempunyai strategi dalam upaya meningkatkan kualitas guru disekolah.
Untuk mengumpulkan data dalam peneliti ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam bentuk deskripsi tersebut kemudian dianalisis dengan empat tahap, yaitu: reduksi data, pengorganisasian data, kategori data dan pengolahan data. Hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah pengecekan keapsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian, kepala sekolah SDN 1 Lampopala Kec. Rumbia Kab. Bombana memiliki strategi dalam meningkatkan kualitas guru dalam seluruh bidang, terutama dalam upaya peningkatan kualitas penguasaan kurikulum, peningkatan kualitas penguasaan materi, peningkatan kualitas penguasaan metode pembelajaran dan teknik penilaian, peningkatan kualitas kecintaan terhadap tugas dan kedisiplinan. Seperti melakukan sosialisasi, memberikan kesempatan kepada guru mengikuti pendidikan dan pelatihan, mengontol kelengkapan perangkat pembelajaran, melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, mensurvei penerapan metode pembelajaran dan teknik penilaian, menjelaskan langka-langka menyusun perangkat pembelajaran, menerima keluhan guru, dan membina kerjasama antara guru dan pegawai sekolah.
Tidak tersedia versi lain