Referensi
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 KENDARI KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA BKENDARI
Skripsi ini mengungkap tentang Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia. Pada permasalahan di SMA Negeri 2 Kendari ini, maka dilakukan penelitian dengan rumusan permasalahan (1) Bagaimana Pengelolaan Kelas guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. (2) Bagaimana Prestasi Belajar siswa di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari, (3) Apakah ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas guru pendidikan agama islam dalam mewujudkan suasana belajar di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. (3) Untuk menganalisis apakah ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dilakukan dengan membuat tabel distribusi frekuensi untuk menentukan persentase perolehan jawaban dari setiap butir angket. Analisis Statistik Inferensial meliputi; Persamaan regresi linear sederhana, penentuan angka indeks korelasi,penentuan koefisien determinasi,pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk menguji hipotesis ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam yang didasarkan angka indeks korelasi,jika r hitung dikonsultasikan dengan r tabel pada α = 0.05 atau taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan, dk = n- 2 = 30 – 2 = 28, maka diperoleh nilai r tabel = 0.361 . Dengan demikian, r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung =0.8042 > r tabel = 0.361, yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat kuat pengelolaan kelas (Variabel X) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan Agama Islam (Variabel Y). Sedangkan Uji Signifikansi menunjukkan ternyata F hitung lebih besar dari F tabel atau 28 > 4,20. Maka tolak Ho dan Terima H1, artinya pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan Agama Islam signifikan. Kesimpulan akhir dari analisis data tersebut adalah terdapat pengaruh positif yang sangat kuat dan signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari.
Tidak tersedia versi lain