Referensi
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI KELAS IX MTSN UNAAHA KE CAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE
Pokok permasalahan dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih di Kelas IX MTsN Unaaha Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis visual pada bidang studi fiqih di kelas IX MTsN Unaaha Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, tingkat motivasi belajar siswa pada bidang stusi fiqih di kelas IX MTsN Unaaha Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih di kelas IX MTsN Unaaha Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe.
Objek penelitian ini adalah siswa di MTsN Unaaha yang berjumlah 31 orang responden yang terdiri dari kelas IX.1 berjumlah 8 orang, kelas IX.2 berjumlah 8 orang, kelas IX.3 berjumlah 8 orang dan kelas IX.4 berjumlah 7 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X; pemanfaatan media visual dan variabel Y; motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakkukan dengan cara angke/koesioner. Analisis data yang digunakan adalah statistik dengan pendekatan deskriptif korelasional yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipostesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan media visual pada bidang studi fiqih di kelas IX MTsN unaaha, berdasarkan hasil analisis memiliki rata-rata mencapai 56,61 dan angka persentase sebesar 73% pada interval 81 – 100 yang berarti berada pada ketegori tinggi. Dari 31 siswa responden ternyata motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih di kelas IX MTs Unaaha memiliki rata-rata mncapai 81,097 dengan angka persentase sebesar 39% berada pada interval 81 – 100 dalam gategori sangat tinggi.
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media visual di MTsN Unaaha, diperoleh rxy = 0,50 dan thitung = 1,684. Hal ini menyatakan bahwa thitung > ttabel atau 3,587 > 1,684, maka H1 di terima dan H0 ditolak, artinya ada terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media visual terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi fiqih di kelas IX MTsN Unaaha dengan pegaruhnya mencapai angka 25%, sedangkan sisanya sebesar 75% dipengaruhi faktor lain.
Tidak tersedia versi lain