Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDN 2 LANSILOWO KECAMATAN WAWONII UTARA
Skripsi ini mengkaji tentang apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif script pada mata pelajaran PAI di SDN 2 Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif script pada mata pelajaran PAI SDN Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan di SDN 2 Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe, pada kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa diolah berdasarkan analisis kuantitatif dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan standar keberhasilan apabila siswa memperoleh nilai 75 mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif script semester genap pada mata pelajaran PAI khususnya di kelas SDN 2 Lansilowo tahun 2012, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan yaitu ari tes awal sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 59.09%. pada siklus I perolehan nilai siswa secara klasikal sebesar 68.18% atau 15 siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 atau sebesar 86.36%. Kenaikan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II disebabkan karena semakin sempurnanya pelaksanaan skenario pembelajaran dan semakin pahamnya siswa terhadap pembelajaran kooperatif script. Dengan melihat hasil tes pada tindakan siklus II, maka penelitian ini dihentikan sampai dengan siklus II karena indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai yaitu sebsar 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75
Tidak tersedia versi lain