Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI KETENTUAN-KETENTUAN DALAM SHALAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS IV SDN 3 BARUGA KOTA KENDARI
Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari ?. Bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksnakan di SDN 3 Baruga Kota Kendari, pada kelas IV dengan jumlah 31 orang, yang dilaksnakan dengan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi.
Dalam mengumpukan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mengajar guru dengan menggunakan pembelajaran picture and picture. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif, yaitu memaparkan hasil pengamatan dan hasil belajar siswa setiap siklus.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan setelah penerapan metode pembelajaran picture and picture, yaitu pada tes awal murid yang memperoleh nilai > 70 hanya 14 orang atau 45.16 dan sesudah diterapkan naik menjadi 70.97% pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya pada siklus II meningkat dibandingkan menjadi 90.32% atau sekitar 28 orang yang memperoleh nilai > 70 dari jumlah murid secara keseluruhan yaitu 31 orang.
Tidak tersedia versi lain