Referensi
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID MIS MIFTAHUL ULUM DI KECAMATAN AMONGGEDO KABUPATEN KONAWE
Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Kompetensi profesional guru akidah akhlak MIS Miftahul Ulum Kec. Amonggedo Kab. Konawe (2) Motivasi belajar murid MIS Miftahul Ulum Kec. Amonggedo Kab. Konawe.(3) pengaruh kompetensi profesional guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar murid MIS Miftahul Ulum Kabupaten Konawe.
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Miftahul Ulum Kec. Amonggedo Kab. Konawe, bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru akidah akhlak di MIS Miftahul Ulum Kec. Amonggedo Kab. Konawe. Jadi pada dasarnya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar murid MIS Miftahul Ulum. Sebagai elemen pendidik yang mempunyai teknik metode pembelajaran dan sifat yang beragam yang dapat dirangkum secara global yaitu meliputi; kompetensi profesional guru, upaya peningkatan profesionalitas guru akidah akhlak yang secara keseluruhan telah memiliki tingkat profesionalitas yang baik dalam mendidik. Sudah barang tentu ada konflik-konflik yang akan berakibat pada perkembangan kualitas dan profesionalitas guru tersebut yang jelas kesemuanya ini berpengaruh pada motivasi berprestasi murid dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Jadi faktor-faktor yang telah terpola diatas mempunyai bentuk-bentuk yang berbeda-beda. pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi product moment.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus regresi sederhana ditemukan nilai harga b dan a diperoleh persamaan regresi nilai a dan b = 16,17973 dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh bahwa r = 0,6186 sedangkan nilai koefisien determinasinya (r2) adalah sebesar 3827 atau 38,27%. Nilai Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi berprestasi murid sebesar 38,27%, ditentukan oleh perilaku kompetensi profesional guru akidah akhlak, sedangkan sisanya yakni sebesar 61,73% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Tidak tersedia versi lain