Referensi
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 WAWORETE KECAMATAN WAWONII TIMUR LAUT KABUPATEN KONAWE
Skripsi ini mengkaji tentang Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Waworete Kec. Wawonii Timur Laut Kab. Konawe. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Waworete Kec. Wawonii Timur Laut Kab. Konawe.
Penelitian ini membahas pokok permasalahan, adakah Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Waworete Kec. Wawonii Timur Laut Kab. Konawe. Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan penelitian kuantitatif.
Dalam skripsi ini penulis menggunakan teknik pengumpuklan data dengan cara angket yaitu mengedarkan daftar pertanyaan kepada responden yang menjadi obyek penelitian, dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, seperti analisis distribusi frekuensi, analisis regresi sederhana, dan analisis uji-F.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih, dapat dikategorikan sangat tinggi hal ini terlihat sebayak 19 responden yang berada pada interval 81 – 100% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih dalam kategori sangat tinggi sedangkan 14 responden berada pada interval 61 -80%. Daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih, dapat dikategorikan tinggi hal ini terlihat sebayak 20 responden yang berada pada interval 61 – 80% yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih dalam kategori tinggi, sedangkan sisanya berada pada kategori sangat tinggi dengan interval 81-100% sebanyak 13 responden. Pembelajaran kontekstual mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran fiqih, hasil ini telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa F hit (10.45) lebih besar dari F tab (7.56) maka Ha diterima dan Ho di tolak.
Tidak tersedia versi lain