Referensi
PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 2 MAWASANGKA KABUPATEN BUTON
Sikripsi ini membahas tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Fakta penelitian di temukan prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama islam belum secara maksimal. Permasalahanya terdapat dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Mawasangka diduga merupakan salah satu faktor penyebabnnya. Oleh karena itu Penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian ini terkait dengan pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode demonstrasi berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton”. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton.
Jenis penelitian ini bersifat ex-postfacto. Adapun analisis data adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Penelitian ini adalah kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 34 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi siswa di SMPN 2 Mawasangka berada pada kategori baik, berdasarkan kategorisasi rata-rata perolehan angket siswa sebesar 74.75%. Prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka berada pada kategori cukup, berdasarkan kategorisasi rata-rata 76.56%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian, berdasarkan perhitungan ternyata diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 8,578 ≥ 4.15 Maka tolak Ho artinya signifikan, dan rhitung 0,457 sedangkan rtabel = 0,339. Dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,457 ≥ 0,339. Dan besarnya sumbangan (kontribusi variabel X terhadap Y) sebesar 20,1% dan sisanya sebesar 79,9% ditentukan oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain