Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MELALUI PENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV DI SDN 12 KENDARI BARAT
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa saat ini masih kurang. Indikasi ini dilibatkan oleh banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode konvensional yang monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga suasana belajar terkesan kaku, motivasi anak kurang dan didominasi oleh guru. Mengatasi hal tersebut dibutuhkan adanya penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan media gambar sehingga dapat merangsang motivasi belajar siswa.
Skripsi ini ditulis bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar dan peningkatan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 12 Kendari Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yaitu data tentang pelaksanaan media gambar dan aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika telah 80 % siswa memperoleh nilai 75, dan indikator proses pembelajaran yang disajikan oleh guru telag mencapai kategori baik atau tidak, melaksanakan pembelajaran melalui penggunaan media gambar.
Hasil penelitian melalui penggunan media gambar menunjukan adanya peningkatan dibandingkan sebelum penerapan media gambar. Hasil belajarrata-rata siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal, yakni dari 3,03 menjadi 68,18 dengan presentase peningkatan 82,20%. Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai 75. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 68,18 menjadi 83,73 dengan presentase peningkatan sebesar 22,20%. dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90,90% siswa telah mendapat nilai minimal 75.
Tidak tersedia versi lain