Referensi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS X MAS AL-KHAIRAT DESA MEKAR JAYA KEC. MORAMO UTARA KAB. KONAWE SELATAN
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAS Al-Khairat Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas X MAS Al-Khairat Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan melalui model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Mei 2012 sampai 25 Mei 2012 pada semester genap tahun akademik 2012/2013 di MAS Al-Khairat Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai tes kemampuan penguasaan materi aqidah akhlak, berupa tes awal (sebelum pemberian tindakan), tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan) dan lembar observasi guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Pada siklus I, model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw diterapkan dengan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, sedangkan pada siklus II, model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw diterapkan dengan metode ceramah dan diskusi kelompok.
Hasil penelitian ini menunjukkan aspek pengusaan materi aqidah akhlak siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil setiap tes yang diberikan. Dari 31 siswa, hasil tes siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa mampu memperoleh nilai 60 ke atas dengan nilai rata-rata sebesar 64,83 meningkat jika dibandingkan dengan hasil tes awal yang hanya 3 orang siswa dengan nilai rata-rata sebesar 40,03. Selanjutnya, hasil tes siklus II juga menunjukkan peningkatan yang signifikan karena terdapat 27 orang siswa yang mampu memperoleh nilai 60 ke atas dengan rata-rata 78,23. Kelemahan pada siklus I dapat diperbaiki oleh guru pada siklus II. Kemudian siswa tampak lebih aktif dalam setiap pertemuan dan mampu menyimpulkan materi serta menjelaskan kembali pengetahuan yang diperolehnya. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas X MAS Al-Khairat Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw.
Tidak tersedia versi lain