Referensi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII.A DI SMPN 4 RANOMEETO KECAMATAN RANOMEETOKABUPATEN KONAWE SELATAN
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VII.a pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran koperatif tipe STAD di SMPN 4 Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VII.a yang berjumlah 15 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM. Sebagai standar keberhasilan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu jika pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran 85%, maka siswa telah dinyatakan mecapai ketuntasan belajar secara klasikal dan dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan nilai 75 keatas.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan bahwa pada tes awal siswa yang memperoleh nilai minimal 75 hanya 5 orang siswa atau 33.33%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 14 orang siswa atau 93.33%, dan memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan.
.
ABSTRAK
Jusman Paduay, Nim. 08010101122, Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII.a di SMPN 4 Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, Melalui Bimbingan Dr.H.Nur Alim, M.Pd dan Samrin, M. Pd.I
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VII.a pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran koperatif tipe STAD di SMPN 4 Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VII.a yang berjumlah 15 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM. Sebagai standar keberhasilan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu jika pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran 85%, maka siswa telah dinyatakan mecapai ketuntasan belajar secara klasikal dan dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan nilai 75 keatas.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan bahwa pada tes awal siswa yang memperoleh nilai minimal 75 hanya 5 orang siswa atau 33.33%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 14 orang siswa atau 93.33%, dan memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan.
.
ABSTRAK
Jusman Paduay, Nim. 08010101122, Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII.a di SMPN 4 Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, Melalui Bimbingan Dr.H.Nur Alim, M.Pd dan Samrin, M. Pd.I
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VII.a pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran koperatif tipe STAD di SMPN 4 Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VII.a yang berjumlah 15 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM. Sebagai standar keberhasilan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu jika pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran 85%, maka siswa telah dinyatakan mecapai ketuntasan belajar secara klasikal dan dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan nilai 75 keatas.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan bahwa pada tes awal siswa yang memperoleh nilai minimal 75 hanya 5 orang siswa atau 33.33%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 14 orang siswa atau 93.33%, dan memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan.
.
Tidak tersedia versi lain