Referensi
PENGARUH TERTIB ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SLTP NEGERI 4 KENDARI KOTA KENDARI
Skripsi ini membahas tentang pengaruh tertib administrasi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari. Pokok permasalahannya adalah apakah ada pengaruh tertib administrasi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari.
Objek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan kepala tata usaha di SLTP Negeri 4 Kendari, populasi dalam penelitian ini adalah 32 orang mencakup seluruh guru dan termasuk kepala sekolah dan kepala tata usaha dan dijadikan sampel seluruh populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X ; Tertib Administrasi Kepala Sekolah, variabel Y; Peningkatan Profesionalisme Guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara quesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik dengan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; gambaran tertib administrasi kepala sekolah di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari, berdasarkan hasil analisis deskriptif memiliki angka persentase sebesar 94% atau skor nilai rata-rata mencapai 1,9 pada interval 75,00 - 100 dalam kriteria ya/baik dan gambaran profesionalisme guru di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari, berdasarkan hasil analisis deskriptif memiliki angka persentase sebesar 97% atau skor nilai rata-rata mencapai 1,9 pada interval 75,00 - 100 dalam kriteria ya/baik. Berdasarkan hasil analisis data ada pengaruh yang signifikan antara tertib administrasi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari, hasil dari uji regresi sederhana diperoleh Ŷ = 28,998, dan hasil uji korelasi product moment nilai rxy = 0,807 berkisar teori antara 0,80-1,000 termasuk korelasi yang sangat kuat, selanjutnya koefisien determinasinya (KP) = 65,12% memiliki kontribusi dan sisanya 34,88% di tentukan oleh variabel lain. Sedangkan uji signifikan (α) = 0,05 dengan Ftabel = 4,17, ternya F hitung yang diperoleh lebih besar dari F tabel, (46,67 4,17) maka tolak Ho dan terima Ha artinya ada pengaruh yang signifikan antara tertib administrasi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru di SLTP Negeri 4 Kendari Kota Kendari.
Tidak tersedia versi lain