Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS XII IPA1 DI SMA NEGERI 1 SAMPARA KECAMATAN SAMPARA KABUPATEN KONAWE
Salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah adalah berkaitan dengan proses pengelolaan pembelajaran oleh guru. Untuk itu, guru harus senantiasa mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mengantarkan siswa dalam iklim belajar yang sehat dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat lebih baik. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat ditempuh adalah metode pembelajaran every one is a teacher here. Dalam pembelajaran ini, siswa dikondisikan dalam suasana belajar yang diwarnai dengan kerjasama dan saling membantu untuk mencapai ketuntasan belajar.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakahpenerapanmetodeevery one is a teacher heredapatmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe. AdapuntujuanpenelitianpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK).Tindakanpenelitiandilaksanakandalamduasikluspembelajaran.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumentes, danlembarobservasi. Sedangkanuntkanalisisdatanyadilakukansecaradeskriptifdanpeningkatanhasilbelajardianalisdenganmenghitung rata-rata danpersentaseketuntasanbelajarsiswa.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajaranevery one is a teacher heredapatmeningkatkanhasilbelajarPAI padasiswakelas XII IPA1 di SMA Negeri 1 SamparaKabupatenKonawe. Hal tersebutdapatdilihatdaripeningkatanhasilbelajarsiswa, dimana rata-rata perolehansiswaprapenelitiansebesar 69,57denganketuntasanbelajar63,33%, kemudiansetelahpenerapantindakansiklus I nilai rata-rata kelasmeningkatmenjadi 75,60 denganketuntasanbelajarmencapai76,67%. Selanjutnya, pelaksanaantindakansiklus II menunjukkanadanyapeningkatan yang lebihsignifikandarisiklussebelumnyadengannilai rata-rata menjadi 78,80denganketuntasanbelajarmencapai 86,67%. Dengandemikian, makaindikatorketuntasanbelajar yang ditetapkansudahtercapai (85%).Sedangkanbilanilaitersebutdibandingkandenganperolehansiswaprapenelitianmakapeningkatanhasilbelajarsiswadariprapenelitiansampaipadapelaksanaantindakansiklus II mengalamipeningkatansebesar23,33%.
Tidak tersedia versi lain