Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE KELAS IX.A SMP NEGERI 2 TONGAUNA KABUPATEN KONAWE
Peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui strategi question student have kelas IX.A SMP Negeri 2 Tongauna sebagai salah satu karya ilmiah bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX.A SMP Negeri 2 Tongauna dengan sasaran permasalahan apakah dengan penerapan strategi questions students have dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.A SLTP Negeri 2 Tongauna Kabupaten Konawe?.
Ditemuinya indikasi terkait dengan rendahnya hasil belajar siswa yang ditunggangi dengan rendahnya hasil belajar pendidikan agama Islam beberapa siswa yang mencerminkan hasil belajar rendah serta kurang bijaksana dan idealnya strategi bersama metode yang diterapkan, imbas ini dikawatirkan menjadi sindrom yang berakibat luas pada diri siswa selaku peserta didik di SLTP Negeri 2 Tongauna Kabupaten Konawe.
Problem yang ditemui inilah menghendaki peneliti melakukan Action research yang menempuh teknik penumpulan data a). Data diambil melalui instrumen observasi proses KBM pada perekembangan siklus yang ada bersama guru kolaborator bersama hasil catatan refleksi, b). Data diambil dari hasil instrumen observasi yang diberikan kepada siswa dan guru, c). Dilngkapi dengan perolehan angket penelitian, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan analisis hasil refleksi dari prasiklus siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan menunjukan adanya prsentase penignkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas IX.A SLTP Negeri 2 Tongauna Kabupaten Konawe dibandingkan sebelum diberikan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya persentase peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui strategi question student have kelas IX.A SMP Negeri 2 Tongauna sebesar 24,1%. dari siklus I ke-siklus II. Dengan keterangan hasil pada 3 instrumen observasi yang disiapkan pada siklus pertama umumnya menggambarkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IX.A SMP Negeri 2 Tongauna baik, berbanding lurus dengan hasil persentase penyebaran angket memiliki nilai rata-rata 26,95 dengan frekuensi sebanyak 16 = 66,67% berada di interval 61 – 80 termasuk dalam kategori baik. Dan menunjukan adanya perubahan positif hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IX.A SMP Negeri 2 Tongauna dari siklus sebelumnya, adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa sebesar 10,20% dari prasiklus hingga siklus ke II. Dengan rincian hasil evaluasi belajar pada prasiklus sebesar 72,5, siklus I sebesar 74,9, siklus II sebesar 79,9, yang dibarengi dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan guru yang lebih efektif dilihat dari hasil amatan instrumen yang telah disiapkan pada setiap siklus.
Tidak tersedia versi lain