Referensi
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWADI MTsN UNAAHA KELURAHAN PUUNAHA KABUPATEN KONAWE
Skripsi ini mengkaji Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe dengan permaslahan a).Bagaimana lingkungan sekolah MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe?. b). Bagaimana prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe?, c).Apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe?.
Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan penelitian a). Untuk mengetahui lingkungan sekolah MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe., b). Untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe., dan c).Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe.
Populasi penelitian berjumlah 474 siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe ditarik dengan teknik ramdom sampling dengan presisi yang ditetapkan sebesar 15% dengan demikian sampel berjumlah 41 responden, teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan angket dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial ditempuh dengan 1). Uji persyaratan analisis variabel X dan Y, 2). Persamaan regresi linear sederhana, 3). Pengujian hipotesis menggunakan rumus product moment perarson, 4). Koefisien determinasi, 5). Dan uji signifikan (uji F).
Berdasarkan analisis deskriptif data lingkungan sekolah MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe memiliki nilai mean 37,85 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X = 23 persentase 57,5% yang berada di interval 61-80 dengan dengan demikian harga ini umumnya menunjukan kategori baik, dan sisanya 16 = 40% pada kategori sedang dan 2 = 5% pada kategori baik sekali. Analisis deskriptif prestasi belajar PAI siswa di prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe memiliki nilai mean 76,70 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y = sebesar 30 dengan persentase 73,17% yang berada di interval 61-80 dengan demikian harga ini pada umumnya menunjukan pada kategori tinggi, dan sisanya 11 = 26,83% pada kategori tinggi sekali. Pengujian hipotesis menunjukan terdapat Pengaruh dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI siswa di MTsN Unaaha Kelurahan Puunaha Kabupaten Konawe dengan ditemukannya rhitung = 0,390 dikonsultasikan pada harga rtabel pada taraf sifnifikans 5% = 0,308 berarti rhitung ≥ rtabel.. (0,390 ≥ 0,3081), dengan demikian diinterpretasikan bahwa pengaruh variabel X terhadap Y itu termasuk tingkat hubungan Pengaruh positif yang sedang, berbanding lurus dengan uji signifikan sebesar 7,03 Fhitung ≥ Ftabel (7,03 ≥ 4,09) yang berarti signifikan, dengan konstribusi Veriabel X terhadap variabel Y = 15,28% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain