Referensi
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PUOSU KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN
Peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Negeri 2 Puosu Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan melalui implementasi strategi pembelajran aktif inovatif kreatif efektid dan menyenangkan sebagai salah satu karya ilmiah bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Negeri 2 Puosu Kecamatan Konda dengan sasaran permasalahan a). Bagainamakah aktivitas siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan kelas V SD Negeri 2 Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan? b). Apakah penerapan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dapat meningkat hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelasV SD Negeri 2 Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan?.
Sisi kelemahan dunia pendidikan terhadap proses pembelajaran dimana nampak kuatnya dominasi tenaga pendidik terhadap proses pembelajaran, justru semestinya yang diharapkan adalah sikap profesionalisme tenaga pendidik sebagai manager dalam membentuk nuansa/iklim proses belajar mengajar yang ideal berdasarkan karakter materi begitupun siswa, imbas sisi kelemahan dunia pendidikan menjadikan kecenderungan siswa lesu untuk belajar, peningkatan hasil belajar jadi lamban, hal ini diindikasikan dari model pembelajaran yang kurang ideal mengoptimalkan kemampuan siswa selaku subyek dan obyek pendidikan bahkan kecenderungan proses pembelajaran masih indentik konvensioanal dengan pencapaian hasil belajar beberapa siswa memperoleh nilai sibawah based line ≤ 65 untuk perorangan dan 70 sebagai ketuntasn klasikal.
Action Research menempuh teknik pengumpulan data a). Data diambil dari hasil belajar, b). Data diambil melalui observasi proses KBM pada perekembangan siklus yang ada bersama guru kolaborator dan hasil catatan refleksi, c). Data diambil dari hasil instrumen observasi kegiatan guru, siswa, dan kelompok belajar siswa yang diberikan kepada siswa dan guru, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan analisis hasil refleksi dari prasiklus siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan mencapai kategori 70% dalam hal ini siswa dinyatakan mencapai keberhasilan belajar secara klasikal, dan dikatakan telah mencapai keberhasilan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan keberhasilan kategori 65.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara persentase hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Negeri 2 Puosu melalui stgrategi belajar aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (Paikem) sebesar 1,26%, dimana siklus I hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Negeri 2 Puosu menunjukan nilai rata-rata 72,6 setelah diberikan tindakan pada siklus ke II hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam menunjukan nilai rata-rata 73,5 dengan kategori baik.
Tidak tersedia versi lain