Referensi
HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 1 KENDARI
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs. Negeri 1 Kendari?, Bagaimana prestasi Belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari?, Apakah terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari?
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs. Negeri 1 Kendari, Untuk mengetahui bagaimana kondisi obyektif prestasi Belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari?, Untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian yang menggunakan analisa statistik. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode quisionare, dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 1 Kendari kelas VIII dan IX sebanyak 301 orang dengan teknik penarikan sampel yaitu stratified random sampling sehingga diambal 15% dari jumlah populasi 301 orang. Maka ditetapkan sampel penelitian ini adalah kelas VIII = 23 orang dan kelas IX = 22 orang, sehingga berjumlah keseluruhan sampel 45 orang siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari dengan koefisien korelasi produc moment 0,82, pada taraf α = 5% (0,05), dimana dk = n-2 = 45-2 = 43, maka diperoleh rtabel 0,301. Dengan demikian rhitung = 0,82 ≥ rtabel 0,301. Maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Kendari, dengan kategori “Sangat Kuat”. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi pemanfaatan perpustakaan sekolah maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain