Referensi
PENGARUH KETERSEDIAAN PERPUSTAKAAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAS AL-KHAIRAT DESA MEKAR JAYA KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN
Skripsi ini mengkaji Pengaruh ketersediaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya dengan permaslahan a).Bagaimana ketersediaan perpustakaan di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya?, b).Bagaimana motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya?, c). Apakah ada Pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya?.
Keberadaan sarana prasarana seperti perpustakaan bagi sebuah lembaga pendidikan merupakan aspek yang tidak mungkin dielakan lagi akan keberadaannnya, Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan penelitian a).Untuk mengetahui ketersediaan perpustakaan di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya, b).Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya, c).Untuk mengetahui apakah ada Pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan.
Populasi penelitian berjumlah 61 siswa tersebar pada kelas X, XI, XII, yang dijadikan sebagai sampel utuh/jenuh sebanyak 61 responden, teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan angket dan dokumentasi berkaitan dengan profil sekolah dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial ditempuh dengan 1). Uji persyaratan analisis variabel X dan Y, 2). Persamaan regresi linear sederhana, 3). Pengujian hipotesis menggunakan rumus product moment perarson, 4). Koefisien determinasi, 5). Dan uji signifikan (uji t).
Berdasarkan analisis deskriptif data ketersediaan perpustakaan di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya memiliki nilai mean 19,86 dari sekor idealnya dengan frekuensi skor nilai tertinggi = 54 (88,52%) berada pada interval 81-100% umumnya harga ini menunjukan kategori baik, dan sisanya 7 responden dengan persentase 11,47% berada pada kategori sedang. Analisis deskriptif motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya memiliki nilai mean 26,57 dari sekor idealnya dengan frekuensi skor nilai tertinggi 56 (91,80%) dengan demikian harga ini pada umumnya menunjukan motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya termasuk pada kategori tinggi sekali, 5 responden (8,19%) dengan kategori tinggi. Pengujian hipotesis menunjukan terdapat Pengaruh ketersediaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MAS Al-Khairat Desa Mekar Jaya dengan ditemukannya rxy = 0,264 diinterpretasikan secara kasar dengan memperhatikan hasil rxy = 0,264 berkisar antara +0,10 s/d +0,29 dengan demikian diinterpretasikan bahwa Pengaruh variabel X terhadap Y itu termasuk tingkat Pengaruh positif yang biasa, berbanding lurus dengan uji signifikan sebesar 2,107 berarti thitung ≥ ttabel (2,107 ≥ 1,671) yang berarti signifikan, dengan konstribusi Veriabel X terhadap variabel Y = 6,99% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain