Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X.A MA UMMUSABRI KENDARI
Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas adalah pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam subuah kelas secara bersamaan
Setting dan subyek penelitian : Kegiatan tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011-2012 yang bertempat di MA Ummusshabri Kendari. Jumlah siswa yang akan menjadi subjek penelitian adalah 22 orang siswa pada kelas X.a MA Ummusshabri Kendari.
Faktor-faktor yang diselidiki : Faktor siswa : bagaimana peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dan faktor guru : yaitu untuk melihat apakah guru telah melaksanakan tahap-tahap yang dilalui dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Prosedur Penelitian : Prosedur penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya sebanyak 2 (dua) siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan terlebih dahulu diberikan tes awal yaitu untuk melihat kemampuan awal siswa mengenai materi pelajaran yang akan diajarkan oleh guru, Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahapan kegiatan: “1) perencanaan; 2) pelaksaaan tindakan; 3) observasi dan evaluasi, serta 4) refleksi.
Teknik analisis data ; Data kualitatif diperoleh melalui kegiatan siswa selama mengikuti pembelajaran. Baik di kelas maupun diluar kelas. Selain siswa, aktifitas guru juga diobservasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, yakni menilai setiap hasil evaluasi yang menggunakan angka-angka.
Indikator Kinerja : Dari segi hasil belajar, 85% siswa sudah mendapat nilai lebih kurang 75 berarti tindakan tersebut sudah berhasil. Sebaliknya, apabila siswa yang mendapat nilai 75 belum mencapai 85% berarti tindakan itu belum berhasil, sehingga perlu diadakan tindakan selanjutnya.
Tidak tersedia versi lain