Referensi
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I KABAWO KABUPATEN MUNA
Profesionalisme guru merupakan tuntutan yang harus dipenuhi bagi tenaga pendidik ditengah sorotan tajam mengenai eksistensi guru yang dianggap kurang memberi pengaruh positif terhadap peningkatan mutu lulusan. Profesionalisme guru memiliki peran penting dalam pembentukan kuallitas lulusan pendidikan. Hal tersebut didasarkan pada suatu asumsi bahwa profesionalisme guru akan memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang berimplikasi pada penerimaan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengungkap secara mendalam mengenai pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam khususnya pada bidang studi pendidikan agama Islam.
Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan Observasi, questioner dan dokumentasi untuk mendapatkan data, dengan jumlah populasi yaitu siswa di SMA Negeri 1 Kabawo kelas X dan XI dengan jumlah 331 dan sampel 50 siswa dengan menggunakan teknik stratifield random sampling dan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Profesionalisme guru sebagai fariabel bebas dan prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam sebagai fariabel terikat. Data bersumber dari jawaban responden terhadap angket yang disebar, ditambah dengan hasil wawancara sebagai penguat keterangan yang diberikan dalam bentuk tertulis. Data dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk distribusi frekuensi dan menggunakan analisis inferensial yaitu dengan menggunakan korelasi produck moment. Dan dengan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas dapat dihasilkan bahwa semua data tersebut berdistribusi normal dan juga homogen.
Setelah dilakukan analisis data berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan korelasi produck moment diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kabawo dengan nilai r sebesar 0,662 berada dalam kategori kuat. Berdasarkan uji determinasi diketahui bahwa profesionalisme guru memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kabawo sebesar 0,44% dan sisanya sebesar 0, 56% ditentukan oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain