Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BAHODOPI MOROWALI
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bahodopi, melalui penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI IPA semester ganjil dengan jumlah 21 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrumen observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80 % setiap siswa telah mencapai nilai 75, indikator kerja kelompok adalah rata-rata 80 % telah melaksanakan indikator yang diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses kerja kelompok, dan indikator proses pembelajaran ditetapkan jika kegiatan proses pembelajaran yang disajikan oleh guru mencapai kategori baik atau 80 % telah melaksanakan langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam setelah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai awal yakni 71,19 menjadi 74,28 dengan persentase peningkatan 4,34%. Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai 75. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 74,28 menjadi 85,47 dengan persentase peningkatan sebesar 15,06%. dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 90,47 % siswa telah mendapat nilai minimal 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA SMAN I Bahodopi Morowali semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013.
Tidak tersedia versi lain