Referensi
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 3 KENDARI
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari. adapun identifikasi masalah: bagaimana imlementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang akan mengungkapkan secara deskriptif tentang kejadian dilapangan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkapkan secara sistematis dan faktual tentang implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan prosedur kualitatif yaitu reduksi data, display data, verifikasi data, klasifikasi data dan dilanjutkan dengan proses pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil dan temuan penelitian, terungkap bahwa implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari belum berjalan secara optimal, karena guru PAI belum memahami konsep PAIKEM secara komprehensif serta kurangnya penguasaan media teknologi, sebagai alat bantu guru dalam merancang media pembelajaran, penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) tidak hanya dijalankan di kelas pada saat penyampaian materi saja, namun pemebalajaran agama Islam juga dilaksanakan disetiap ada kesempatan untuk guru bisa lebih dekat lagi dengan siswanya, untuk memberikan siraman rohani dan mengajak siswa ke hal-hal yang lebih mengajak siswa, kepada pembentukan karakter. Pembelajaran PAIKEM ini juga telah banyak membantu guru untuk membuka terobosan baru dalam dunia pendidikan, dalam hal ini perubahan pembelajaran yang bisa membuat siswa untuk lebih aktif ketika mengikuti proses belajar mengajar, dimana siswa belajar membangun kepercayaaan dirinya sehingga terjadi perubahan dalam diri siswa untuk bisa lebih aktif dengan mengerahkan seluruh panca inderanya.
Tidak tersedia versi lain