Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMEN PADA KELAS IV SDN 2 NII TANASA KEC.LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE
Pokok bahasan dalam penelitian ini akan diuraikan tentang masalah penerapan metode pembelajaran team game tournamen untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di kelas V SDN 2 NII Tanasa Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SDN 2 Nii Tanasa Kec. Lalonggasumeeto Kab.Konawe. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan masalah tersebut untuk dibahas yaitu mulai pengertian metode pembelajaran, deskripsi metode pembelajaran team game tourname langkah-langkah penerapan strategi team game tourname, hakekat hasil belajar, pengertian pendidikan agama Islam, landasan pendidikan agama Islam, fungsi pendidikan agama Islam, sampai pada faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode Team Games Tourname sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Nii Tanasa Kec. Lalonggasumeeto Kab.Konawe, Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode Team Games Tourname dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah metode pembelajaran Team Game Tourname Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah action research yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat.
Metode Team Games Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam karena hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dan siklus II pada bidang studi Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Nama-nama dan tugas-tugas Malaikat terjadi peningkatan hasil belajar dari hasil tes awal. Sebelum diterapkannya Metode Team Games Tournamen persentase hasil belajar sebesar 69,6 (50%) dan sesudah diterapkan naik menjadi 73,8 (68%) pada siklus I namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 73,8 menjadi 80,1 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 93,7% siswa telah mendapat nilai > 70,00
Tidak tersedia versi lain