Referensi
PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SDN 3 BARUGA KOTA KENDARI
Skripsi ini membahas masalah, Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Baruga Kota Kendari, adapun permasalahannya adalah 1). Bagaimana pelaksanaan Manajemen Kelas di SDN 3 Baruga Kota Kendari 2). Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN 3 Baruga Kota Kendari 3). Apakah ada pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN 3 Baruga Kota Kendari.
Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan penelitian, a). Untuk memperoleh gambaran umum mengenai manajemen kelas di SDN 3 Baruga Kota Kendari, b). Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidika Agama Islam di SDN 3 Baruga Kota Kendari, c). Untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi obyek penelitiannya adalah siswa kelas IV dan V SDN 3 Baruga yang berjumlah 169 orang dan yang dijadikan sampel berjumlah 33 orang responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan Questionare (angket), dan Dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial ditempuh dengan 1). Uji persyaratan analisis variabel X dan Y, 2). Persamaan regresi linear sederhana, 3). Pengujian hipotesis menggunakan rumus product moment perarson, 4). Koefisien determinasi, 5). Dan uji signifikan (uji t).
Berdasarkan analisis deskriptif data Manajemen Kelas di SDN 3 Baruga Kota Kendari memiliki nilai mean 57,72727 dari skor idealnya dengan frekuensi tertinggi = 32 (96,97%) yang menunjukan kategori tinggi sekali. Analisis deskriptif Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN 3 Baruga Kota Kendari memiliki nilai mean 74,54 dari skor idealnya dengan frekuensi tertinggi = 22 (60,38%) yang menunjukan kategori tinggi. Pengujian hipotesis menunjukan Terdapat pengaruh positif dan signifikan Manajemen Kelas terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 3 Baruga dengan ditemukannya rhitung = 0,350 ≥ rTabel = 0,344, berbanding lurus dengan uji signifikan uji t = 2,227 ≥ ttabel = 1,695 yang berarti signifikan, dengan konstribusi Veriabel X terhadap variabel Y = 12,30% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain