Referensi
PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS.NEGERI 1 KENDARI
ABSTRAK
Nama Siti Hidayah, Nim. 08010103 041, judul: “Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Kepuasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqhi Kelas VIII di MTs. Negeri I Kendari” (dibimbing oleh: Zulaeha, M.Ag, M.Pd dan Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.)
Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Kepuasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqhi Kelas VIII di MTs. Negeri I Kendari”
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Kepribadian guru Fiqhi di MTs. Negeri I Kendari, 2). Kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqhi di MTs. Negeri I Kendari. Sehingga dari batasan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh dari kepribadian guru terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqhi di MTs. Negeri I Kendari.
Pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket kepada objek yang diteliti, observasi dan dokumentasi serta pengelolaan data ditempuh dengan teknik analisis regresi sederhana dengan tujuan memberikan gambaran tentang data-data hasil penelitian berdasarkan data-data yang didapatkan di lapangan secara objektif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepribadian guru terhadap kepuasan belajar siswa di MTs. Negeri 1 Kendari di mana r hitung yang didapat adalah 0,863 yaitu positif dan setelah diinterpretasikan pada tabel koefisien korelasi berada pada kategori sangat kuat, dan signifikansinya didapatkan dengan cara mencari Fhitung kemudian dibandingkan dengan nilai Ftabel. Pada taraf α = 5 % atau 0,05. Dari hasil perhitungan nilai F hitung yang didapat sebesar 13,69. Sehingga Fhitung = 13,69 > Ftabel 3,99, maka Ho ditolak dan Hi diterima, dalam artian bahwa pengaruh kepribadian guru terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajran fiqhi di MTs. Negeri 1 Kendari adalah signifikan.
Tidak tersedia versi lain