Referensi
PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAMPOLAWA KABUPATEN BUTON
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana persepsi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap implementasi KTSP di SMP Negeri se-Kecamatan Sampolawa? Dilihat dari 3 (tiga) aspek yaitu; Bagaimana Persepsi guru PAI terhadap implementasi KTSP di SMPN se- Kecamatan Sampolawa ditinjau dari 3 Aspek yakni : aspek pemahaman, aspek proses, dan aspek penilaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI terhadap implementasi KTSP di SMPN se- Kecamatan Sampolawa. Manfaaat yang di harapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: sebagai informasi bagi pihak sekolah agar mengetahui gambaran persepsi guru PAI terhadap implementasi KTSP, sebagai informasi atau intropeksi untuk guru agar lebih mengenal dan memahami KTSP, dapat dijadikan masukkan bagi instansi terkait sehingga dalam mengaplikasikan kurikulum, benar-benar memperhatikan kesiapan pihak sekolah dan tenaga pendidik, sebagai acuan peneliti selanjutnya yang mempunyai relevansi dengan penelitian ini.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan subyek penelitian adalah semua guru PAI yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Mengajar di SMPN se-Kecematan Sampolawa yang berjumlah 4 Orang dengan instrument penelitian berupa angket.
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa persepsi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap implementasi KTSP di SMPN se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton ditinjau dari aspek pemahaman adalah baik dengan presentase rata-rata 78,18%. Namun pemahaman tersebut tidak merata, dimana sebagian guru meragukan peningkatan mutu pendidikan melalui KTSP, dan sebagian guru sangat mengharapkan peningkatan kesejahteraannya. Persepsi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap implementasi KTSP di SMPN se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton di tinjau dari aspek proses adalah baik dengan presentase 77,5%. Namun sebagian guru masih mengharapkan keseriusan pemerintah terkait sosialisasi/pelatihan secara merata dan perlengkapan sarana dan prasarana. Persepsi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap implementasi KTSP di SMPN se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton di tinjau dari aspek penilaian adalah baik dengan presentase 83,75%. Akan tetapi dalam aspek ini, guru dengan memahami bahwa masih perlu lebih medalami proses penilaian yang dituntut dalam KTSP. Ini terkait dengan sosialisasi yang belum merata kesemua guru. Ahirnya dapat simpulkan bahwa persepsi guru PAI terhadap implementasi di SMPN se- Kecamatan Sampolawa Kabupateen Buton adalah baik dengan presentase secara keseluruhan sebesar 79,81%.
Tidak tersedia versi lain