Referensi
PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK TERHADAP MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI DESA TAMBOLI KECAMATAN SAMATURU KABUPATEN KOLAKA
RAMANG, “peran orang tua dalam pendidikan anak terhadap mutu pendidikan Islam di Desa Tamboli Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka, Dibimbing Oleh Drs. Muh. Shaleh, M.Pd dan Husain Insawan, M. Ag
Skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam pendidikan anak terhadap mutu pendidikan Islam anak di Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran peran orang tua dalam pendidikan anak di Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. bagaimana gambaran mutu pendidikan Islam anak di Desa Tamboli, dan Bagaimana kontribusi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak terhadap mutu pendidikan Islam anak di Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka.
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data berasal dari beberapa orang anak, orang tua anak, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, dan display. Adapun pengecekan keabsahan, penulis melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi sumber data dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa gambaran peran orang tua dalam pendidikan anak di Desa Tamboli, dapat dikategorikan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah utama yang dilakukan orang tua adalah penanaman keimanan sejak dini, memotivasi, memberikan kasih sayang penuh dan memberikan nasehat yang mulia. Adapun gambaran mutu pendidikan Islam di Desa Tamboli, dapat dikategorikan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak keseharian yang mencerminkan nilai-nilai dalam batas kewajaran, begitupun dalam ibadah keagamaan, mereka menjalankan dengan penuh keikhlasan tanpa intervensi dari orang tua. Sedangkan peran orang tua dalam pendidikan anak terhadap mutu pendidikan Islam anak di Kelurahan Samaturu dikategorikan cukup berhasil karena telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendidikan agama anak. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas keseharian anak, bukan hanya mampu memahami, menghayati tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. ini sebagai wujud dari upaya-upaya yang dilakukan orang tua dalam menghadapi hambatan-hambatan yang ada. Dengan demikian, dibutuhkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, baik orang tua, sekolah dan masyarakat setempat, agar tujuan dari pendidikan Islam dapat tercapai
Tidak tersedia versi lain