Referensi
Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas 1V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SDN 1 Wawouso Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada murid kelas 1V dengan jumlah 16 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, dengan prosedur penilaian yaitu perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. teknik pengumpulan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pel;aksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan (instrumen observasi) kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar, dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahywa jika 80% setiap siswa telah mencapai nilai 75, baru dinmyatakan tindakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar murid kelas 1V pada mata pelajaran pendidiklan agama Islam pokok bahasan kisah Nabi Ibrahim as dan putranya Ismail as, mengalami peningkatan yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran koop[eratif tipe jigsaw di SDN 1 Wawouso kecamatan Wawonii Kabupaten Konawe, hal ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada tes awal sebesar 12,5%, hal ini menunjukan bahwa murid masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelasaikan soal-soal, sehingga dilanjutkan pada siklus 1 dengan peningkatan sebesar 56,25%, hasil yang diperoleh belum mencapai targetatau indikator kinerja yang ditetapkan yaitu murid memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 80% dari jumlah murid, sedangkan pada silkus 2 meningkat menjadi 81,25% atau 13 orang murid telah memperoleh nilai minimal 75 dari 16 orang murid secara keseluruhan.
Tidak tersedia versi lain